kaos-distroKAOS DISTRO : Distro, singkatan dari distribution store atau distribution outlet, Adalah jenis toko di Indonesia yang menjual pakaian dan aksesori yang dititipkan oleh pembuat pakaian, atau diproduksi sendiri. Distro umumnya merupakan industri kecil dan menengah (IKM) yang sandang dengan merk independen yang dikembangkan kalangan muda. Produk yang dihasilkan oleh distro diusahakan untuk tidak diproduksi secara massal, agar mempertahankan sifat eksklusif suatu produk dan hasil kerajinan.
Konsep distro berawal pada pertengahan 1990-an di Bandung. Saat itu band-band independen (Indie) di Bandung berusaha menjual merchandise mereka seperti CD/kaset, t-shirt, dan sticker selain di tempat mereka melakukan pertunjukan. Bentuk awal distro adalah usaha rumahan dan dibuat etalase dan rak untuk menjual t-shirt. Selain komunitas musik, akhirnya banyak komunitas lain seperti komunitas punk dan skateboard yang kemudian juga membuat toko-toko kecil untuk menjual pakaian dan aksesori mereka. Kini, industri distro sudah berkembang, bahkan dianggap menghasilkan produk-produk yang memiliki kualitas ekspor. Pada tahun 2007 diperkirakan ada sekitar 700 unit usaha distro di Indonesia, dan 300 diantaranya ada di Bandung
Cara Sukses Memulai Usaha Distro Bagi Pemula
Akhir-akhir ini dunia fashion memang sedang digandrungi oleh banyak orang terutama para remaja laki-laki dan juga perempuan, banyaknya peminat fashion ini tentu sangat menarik sekali untuk dijadikan sebuah ide usaha yang kelak akan mengalirkan pundi-pundi rupiah ke kantong anda, ya usaha distro memang sangat potensial sekali untuk dijadikan sebuah usaha meskipun anda pemula sekalipun, namun sebelum memulai usaha ini alangkah baiknya jika anda terlebih dahulu menyiapkan modal yang cukup sebab usaha distro memang membutuhkan modal yang tidak sedikit.
Secara umum ada banyak sekali alasan mengapa para remaja sekarang lebih memilih berbelanja di Distro dibandingkan di pasar-pasar traditional, selain bahannya awet dan tahan lama juga umumnya sebuah pakaian yang dijual di toko distro memang sangat modis dan sesuai dengan fashion masa kini, atas dasar inilah mengapa usaha distro kerap kali ramai dikunjungi oleh para pembeli terutama di kalangan remaja.
BACA SELENGKAPNYA KAOS MOTIVASI
Jika anda seorang pemula yang ingin memulai usaha distro ada baiknya jika anda terlebih dahulu belajar mengenai fashion apa yang sedang populer di tahun ini, sebagai contoh jika pada tahun 2014 lalu celana beige menjadi trends fashion di saat itu namun di tahun 2015 ini nampaknya trends fashion tersebut mulai memudar sebagai gantinya fashion-fashion ala k-pop (korea) yang sedang booming di tahun-tahun ini, nah jika anda ingin membuka usaha distro ada baiknya jika anda mengikuti perkembangan fashion dari tahun ketahun, dengan hal ini maka usaha distro anda akan menjadi sukses.
Selain mengikuti trends fashion masa kini, ada beberapa faktor yang ikut serta dalam menunjang kesuksesan sebuah usaha distro bagi seorang pemula yang berencana membuka usaha distro, nah jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang cara sukses memulai usaha distro bagi pemula mungkin tidak ada salahnya jika anda menyimak baik-baik penjesan saya di bawah ini
Cara Sukses Memulai Usaha Distro Bagi Pemula
  1. Siapkan Modal yang Cukup
Untuk memulai sebuah usaha apapun tentu anda membutuhkan modal awal, jika anda tidak memiliki modal maka besar kemungkinan usaha anda akan gagal namun bukan berarti anda harus menyiapkan modal yang jutaan rupiah bukan, jika anda belum memiliki modal besar maka langkah yang terbaik untuk memulai usaha distro ialah dimulai dengan usaha kecil-kecilan terlebih dahulu dengan cara membeli 3 atau 4 potong pakaian kemudian anda jual ke teman-teman anda, nah jika dirasa anda sudah memiliki modal yang cukup barulah anda membuka toko distro sendiri, anda harus memiliki prinsip bahwa jika ingin sukses di dunia fashion maka anda harus benar-benar berani mulai dari nol.
  1. Tentukan Harga Yang Terjangkau
Salah satu yang menyebabkan mengapa banyak toko distro yang bangkrut umumnya disebabkan karena semua pakaian yang mereka jual terlalu mahal, nah jika anda telah memiliki usaha distro sendiri alangkah baiknya jika anda tidak membandrol product yang anda jual dengan harga yang mahal, sebab
BACA SELENGKAPNYA KAOS DAKWAH
hampir semua remaja di indonesia umumnya memiliki perekonomian kelas menengah ke bawah oleh sebab itu anda harus menyesuaikan daya beli mereka, tak apalah untung sedikit asalkan lancar, benar bukan?
  1. Lokasi Yang Stategis
Seorang pakar ekonomi asal Amerika serikat benar berkata “ untuk sukses di sebuah usaha maka bangunlah usaha anda di lokasi yang tepat meski anda harus bertarung dengan raja hutan”  mungkin pepatah tersebut ada benarnya sebab secara umum hal mendasar yang menentukan kesuksesan sebuah usaha apapun umumnya terletak pada lokasi
Jika anda membuka usaha distro di lokasi yang kurang strategis maka besar kemungkinan usaha anda akan sepi pengunjung, hal ini dikarenakan hampir semua konsumen suka sekali dengan lokasi yang stategis, oleh sebab itu jika anda seorang pemula yang ingin memulai sebuah usaha distro ada baiknya jika anda memilih lokasi yang tepat seperti pusat kota, dekat pasar, perempatan jalan ataupun tempat-tempat yang sering dijadikan lalu lintas semua orang.
  1. Tentukan Target Pemasaran
Seperti yang sudah saya bahas di awal tadi, untuk sukses di usaha fashion terutama ketika anda membuka usaha distro maka mau tidak mau anda harus mengikuti trends fashion yang sedang booming saat ini, selain itu juga menentukan target pemasaran merupakan hal yang sangat penting agar anda sukses dalam usaha distro ini, jika target anda merupakan remaja dan anak-anak muda maka siapkan product-product yang cocok dengan anak muda, seperti jaket, baju, celana jeans, dompet dan juga accesories lainnya.
BACA SELENGKAPNYA KAOS COUPLE

  1. Promosikan Usaha Anda
Dalam ilmu ekonomi promosi merupakan salah satu kunci yang juga ikut serta dalam menentukan kebehasilan dalam sebuah usaha, nah dalam hal ini jika anda seorang pemula yang bergelut dalam usaha distro maka langkah yang paling efektif agar usaha distro anda ramai pembeli ialah dengan cara mempromosikan usaha anda kepada orang lain, ada banyak cara berpromosi di zaman sekarang ini baik melalui media elektronik seperti TV, Radio, Koran atau bahkan Selebaran yang menyatakan bahwa anda membuka usaha distro yang berkualitas, dengan cara ini maka dijamin usaha anda akan ramai didatangi oleh pembeli
  1. Berikan Pelayanan Terbaik kepada Konsumen
Memberikan pelayan terbaik kepada customer anda merupakan salah satu kunci sukses dalam dunia bisnis, jika anda seorang pemula yang berniat bergelut di dunia fashion terutama di usaha distro maka anda harus ingat bahwa pembeli adalah raja tanpa kehadiran mereka maka usaha apapun yang ana geluti akan bangkrut, oleh sebab itu ketika anda membuka usaha distro ada baiknya jika anda dapat memberikan pelayan terbaik kepada konsumen anda.
Mungkin hanya itu penjelasan saya mengenai Cara Sukses Memulai Usaha Distro Bagi Pemula, semoga dengan tips-tips saya diatas dapat membantu anda dalam meraih kesuksesan di usaha distro, semoga bermanfaat.
Tips Menjalankan Bisnis Kaos Distro
Apakah Anda baru membuka usaha konveksi kaos atau baru memulai bisnis kaos distro dan ingin meningkatkan penjualan Anda? Meningkatkan trafik pengunjung website toko online Anda? Menjual kaos Anda ke toko-toko atau distro kaos? Berikut beberapa tips untuk membuat dan menjalankan bisnis kaos distro.
  1. Dimulai dengan ide yang keren
Setelah Anda memutuskan bahwa Anda ingin memulai bisnis kaos distro, mulai dengan melakukan brainstorming ide-ide yang menarik untuk tema kaos Anda, ciri khas produksi kaos Anda, tuliskan ide sebanyak Anda bisa. Beberapa hal yang perlu dipikirkan adalah, apakah Anda ingin kaos dengan sablon teks atau kaos dengan sablon gambar atau keduanya? Apakah Anda ingin membuat kaos untuk wanita, pria, anak-anak? Apa kaos distro yang sedang trend sekarang dan model kaos apa yang sedang orang banyak pakai? Pertanyaan yang banyak Anda tanyakan pada diri sendiri, akan semakin banyak ide muncul selama brainstorming ide ini.
  1. Tentukan target pasar Anda

BACA SELENGKAPNYA KAOS POLOS

Setelah Anda brainstorming ide-ide Anda, saatnya untuk mulai berpikir tentang target pasar kaos Anda. Siapa yang akan membeli kaos Anda? harus sespesifik mungkin. “Pria berusia antara 18-45” bukanlah target pasar yang spesifik. Anda harus menggali lebih dalam dan menemukan target pasar lebih detail untuk penjualan kaos Anda. Beberapa contoh target pasar spesifik adalah para photografer, komunitas penghobi burung kicau, komunitas mancing mania, pria yang hobi bermain golf, bersepeda, wanita yang memiliki anak balita dll. Kemungkinannya tak terbatas dan lebih spesifik Anda bisa mendapatkan dengan niche target pasar penjualan kaos Anda, akan lebih mudah untuk menjual kaos Anda dan dimulai dengan rencana pemasaran tertentu.
  1. Tempat produksi atau konveksi kaos Anda
Banyak pengusaha kaos dimulai dengan membeli kaos polos jadi dari produsen lain, atau memesan kaos polos ke tempat produksi atau konveksi kaos yang ada. Hal ini memungkinkan Anda untuk menawarkan berbagai ukuran, warna dan model kaos Anda, tetapi tetap dengan modal yang lebih sedikit. Banyak produsen kaos polos menjual dengan harga benar-benar murah, sehingga Anda dapat menguji beberapa model atau tema sablon kaos yang berbeda untuk test market, melihat penjualan model sablon kaos yang terbaik untuk niche pasar Anda. Pilihan lain adalah Anda memiliki konveksi kaos sendiri, namun sudah tentu membutuhkan tempat dan modal produksi yang lumayan. Bisa dilihat di artikel RAB Bisnis Usaha Konveksi.
BACA SELENGKAPNYA DESAIN KAOS


  1. Tempat Sablon kaos Anda
Sablon adalah nyawa bisnis kaos distro Anda. Beberapa orang dalam bisnis kaos distro kebanyakan memiliki tempat sablon kaos sendiri dan mereka memiliki semua peralatan yang diperlukan untuk sablon manual kaos sendiri. Jika Anda tidak memiliki tempat sablon sendiri, maka cari di Internet untuk tempat sablon di daerah Anda dan bertemu dengan mereka untuk mendiskusikan kebutuhan Anda. Jangan malu untuk berkonsultasi dengan sebanyak mungkin tempat sablon kaos dan bekerja sama dengan orang yang cocok untuk Anda. Tempat sablon kaos di Bandung sendiri tersebar di berbagai daerah, salah satunya daerah Suci.
  1. Harga jual kaos Anda.
Harga kaos Anda tergantung pada biaya produksi untuk setiap kaos, atau dinamakan dengan actual costing, sehingga dapat dihitung HPP (Harga Pokok Penjual). Saat menghitung harga, pastikan untuk menyertakan harga sebenarnya, biaya sablon, biaya pengiriman, biaya hangtags dan label dan biaya lainnya seperti pemasaran dan tenaga kerja lainnya. Pertimbangkan juga jika Anda berencana untuk menjual kaos eceran atau grosir atau keduanya. Jika Anda tidak menjual kaos Anda ke toko-toko atau distro kaos, dan Anda jual kaos sendiri, maka sangat mungkin harga kaos Anda akan lebih murah daripada harga kaos yang dijual oleh distro-distro kaos pada umumnya. Pada intinya, menetapkan harga kaos harus menutup semua biaya dan membuat keuntungan juga. Dan jangan takut untuk menjual kaos dengan harga kaos lebih tinggi jika biaya produksi memang tinggi dan kualitas kaos Anda beda dengan yang lainnya.
  1. Menjual Kaos eceran atau ritel
Jika Anda ingin menjual kaos Anda secara ritel langsung kepada konsumen, ide yang paling baik adalah membuat toko online kaos Anda sendiri dan mencetak beberapa kartu nama sehingga Anda dapat mempromosikan bisnis kaos distro baru Anda. Selalu arahkan orang untuk membeli kaos langsung dari website toko online Anda dan pastikan Anda memiliki fotografi yang baik yang mencerminkan kualitas kaos Anda, menu dan desain web toko online yang tidak ribet dan membingungkan pembeli. Berikan layanan support yang bagus melalui telepon, BBM, Whatsup, Line, YM dll. Berikan harga diskon, layanan super cepat, sehingga menumbuhkan kepercayaan terhadap pembeli. Anda juga mungkin dapat mempertimbangkan menjual kaos Anda di sosial media seperti facebook, instagram, forum-forum, acara-acara lokal seperti pasar kaget, pameran atau acara-acara perayaan lain di kota Anda.
  1. Menjual kaos grosir atau partai
Anda juga dapat menjual kaos Anda ke toko-toko atau distro-distro kaos lain yang menargetkan niche pasar Anda. Anda dapat menghubungi toko kaos atau distro kaos langsung dan meminta untuk berbicara dengan pemilik atau manager atau marketingnya dengan membawa beberapa sample atau contoh kaos hasil produksi Anda. Banyak toko atau distro kaos atau clothing membutuhkan banyak barang untuk melengkapi pajangan barang dagangan mereka. Mulailah dengan toko atau distro kaos yang ada di kota Anda terlebih dahulu.
  1. Memasarkan dan mempromosikan kaos Anda dengan online dan offline
Jangan beranggapan bahwa jika Anda sudah memiliki sebuah website online store, orang akan langsung tahu alamat online store Anda atau bahkan menemukan secara online dari search engine atau mesin pencari. Belajarlah tentang SEO. Hal terbaik adalah dengan membuat beberapa blog, bahkan blog gratis seperti di blogger atau wordpress yang tentunya membahas tentang kaos atau fashion pada umumnya, kemudian Anda rajin menulis fresh artikel hasil tulisan Anda sendiri, jangan sekali-kali kopas dari artikel blog orang lain. Kemudian buatlah link ke halaman-halaman produk dagangan di website online store Anda. Beberapa cara lain adalah dengan mempromosikan online store Anda di social media seperti facebook, twitter, instagram, path dll. Jika Anda mengalokasikan untuk budget promosi, maka Anda bisa memasang iklan atau banner di blog-blog orang lain, atau pasang iklan berbayar lainnya seperti google adwords, atau facebook ads. Atau cari orang khusus untuk menangani bagian SEO (Search Engine Optimization).

BACA SELENGKAPNYA KAOS DISTRO
Dan yang terakhir yang tak kalah penting, pakailah sendiri kaos-kaos hasil produksi Anda sesering yang Anda bisa! kemanapun, kapanpun. Hal ini kadang-kadang menjadi metoda yang terbaik dan paling efektif untuk menunjukan eksistensi kaos produksi Anda. Beritahu semua orang yang Anda tahu, teman-teman Anda tentang usaha bisnis kaos distro baru Anda dan mintalah mereka untuk memberitahu teman-teman mereka. Dari mulut ke mulut masih merupakan teknik marketing yang sangat kuat.

SUMBER : GHIRAH
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: